Minggu, 31 Juli 2011

Depok Gelar Roadshow Membaca

DEPOK - Selain mendorong dibentuknya Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Pemerintah Kota Depok berupaya meningkatkan minat baca masyarakat dengan menggelar roadshow perpustakaan keliling dengan mengusung tema Ayo Membaca.
Roadshow tersebut menyertakan tiga mobil perpustakaan keliling dan diikuti oleh ratusan pelajar SMP dan SMA di Depok.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Dwi Rahma mengatakan, perpustakaan adalah cara pintar untuk pintar. Buku, kata dia, adalah jendela yang dapat membuka cakrawala dunia.

“Karena begitu banyak manfaat buku dan perpustakaan, maka kami menyelenggarakan acara ini. Manfaatkanlah kegiatan ini karena hanya dilaksanakan satu hari saja dan kita dapat menciptakan generasi yang cerdas dan kreatif,” katanya kepada wartawan, Selasa (26/07/11).

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Jawa Barat (Bapusipda), Heni Heryani menginformasikan, roadshow gerakan membaca diselenggarakan di enam kabupaten/kota di Jawa Barat.

Tujuannya, lanjut Heny, untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap budaya baca melalui pemberdayaan perpustakaan dan membangun karakter bangsa dengan ilmu pengetahuan serta pengenalan dan penghayatan budaya.

“Keenam kota/kabupaten yang terpilih adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Ciamis, Kota Cirebon, Kota Depok, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Garut. Semoga roadshow ini dapat menjadi media untuk menciptakan generasi yang tangguh di masa mendatang,” tegas Heni.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Depok, Etty Suryahati, mengatakan tidak hanya gerakan roadshow, namun pihaknya juga menggelar program one man one book di mana setiap warga diminta untuk mewakafkan satu buku. Nantinya, lanjut Etty, akan dikelola oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok.

“Generasi muda yang baik adalah generasi muda yang cerdas. Kecerdasan disebabkan karena gemar membaca hati, pikiran, situasi, dan buku. Bahkan dengan membaca buku, kita bisa merambah dunia,” ujar Etty.
(rhs)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar