Kamis, 23 Juni 2011

Orang Tua Jangan Gaptek Daftar SMP Online

TEMPO Interaktif, Jakarta - Orang tua siswa yang akan mendaftarkan anaknya masuk SMP secara online diimbau agar tidak kebingungan dengan sistem yang telah berjalan selama lima tahun itu.

"Orang tua tidak perlu bingung. Kalau bingung, tanyakan pada anaknya, mereka biasanya pada ngerti," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto, Kamis, 23 Juni 2011.

Taufik mengatakan kebingungan orang tua biasanya lebih pada menentukan sekolah yang akan dituju anak mereka dan bukan pada cara pendaftarannya. "Kalau pendaftaran kita akan bantu sepenuhnya, tapi kalau memilih itu memang tugas orang tua membimbing anaknya," ujarnya.

Jika ada masalah dalam pendaftaran SMP online, kata Taufik, orang tua dapat mendatangi sekolah mana pun. "Datang saja ke sekolah, petugas akan membantu orang tua dan siswa," ujarnya.

Taufik menambahkan, pendaftaran secara online ini telah berjalan untuk tahun kelima dan dia merasa optimistis berjalan lancar. "Orang tua juga harus belajar, jangan gaptek (gagap teknologi). Pendaftaran online ini juga bagian dari mencerdaskan orang tua," ujarnya.

Proses pendaftaran siswa SMP secara online mulai dibuka hari ini hingga 30 Juni mendatang. Pendaftaran dilakukan dengan mengakses alamat http://jakarta.siap-ppdb.com. Di laman web ini pendaftar diminta mengisi sejumlah data, antara lain nomor ujian, nama siswa, dan asal sekolah.

Setelah data yang diminta telah dimasukkan, pendaftar diharuskan mencetaknya. Hasil print out ini nantinya harus dibawa untuk diverifikasi di sekolah yang dituju dalam proses verifikasi 27-30 Juni.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar