Selasa, 02 Agustus 2011

"Website" UI, Laman Terbaik di Indonesia

DEPOK, KOMPAS.com — Prestasi kembali ditorehkan Universitas Indonesia. Kali ini UI menduduki peringkat pertama di Indonesia dan kedua belas di Asia Tenggara sebagai perguruan tinggi dengan laman terbaik. Hal ini sesuai dengan penilaian Webometrics Ranking of World Universities 31 Juli 2011.

Vishnu Juwono, Kepala Kantor Komunikasi UI, Senin (1/8/2011), melalui surat elektroniknya menyebutkan, situs web UI di www.ui.ac.id berhasil memenuhi penilaian Webometrics Ranking of World Universities yang terdiri dari empat indikator. Empat indikator itu antara lain size (bobot 20 persen), jumlah laman yang terhubung oleh 4 search engines, visibility (bobot 50 persen) yang mengukur jumlah total tautan eksternal yang diterima, rich files (bobot 15 persen), dan scholar (bobot 15 persen) yang mengukur jumlah karya ilmiah dan rujukan di Google Scholar.

Selain UI, beberapa perguruan tinggi Indonesia yang juga masuk ke dalam Top South East Asia versi Webometrics adalah Institut Teknologi Bandung (peringkat ke-16), Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (peringkat ke-18), Universitas Gunadarma (peringkat ke-19), dan Institut Pertanian Bogor (peringkat ke-31).

Webometrics merupakan sistem perankingan universitas sedunia berbasis situs web. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric Lab Spanyol dengan menilai lebih dari 20.000 situs web perguruan tinggi di dunia. Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi laman, mendukung inisiatif open access, serta mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.

Keberhasilan UI dalam meningkatkan kualitas situs web diharapkan dapat mendukung perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia yang berbasis teknologi informasi.

Pada tahun 2011, selain sebagai peringkat pertama laman terbaik, UI juga satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk dalam 10 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara dengan menempati peringkat keenam versi QS Asian Top Universities Mei 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar